custom style

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Usaha Konter Pulsa Rumahan Di Desa

Tips Sukses Usaha Konter Pulsa Rumahan

Salah satu jenis bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis pulsa. Sebab, pulsa akan selalu dibutuhkan, minimal untuk memperpanjang nomor SIM. Sehingga ide bisnis pulsa bisa banget dicoba. Sebelum itu, Anda perlu memahami beberapa tips sukses usaha konter pulsa rumahan kecil di desa yang akan dijelaskan setelah ini.

Selain butuh modal, membangun bisnis pulsa diperlukan strategi dan langkah bisnis yang tepat. Terlebih jika Anda ingin melakukannya di desa. Dijamin akan ada banyak halang rintang yang menghadang ketika Anda membangunnya.

Tips Usaha Konter Pulsa Rumahan Kecil

Ada setidaknya sepuluh hal yang bisa Anda pikirkan sebelum membangun usaha konter pulsa kecil dan hp rumahan. Dimana semua hal tersebut harus diupayakan agar bisnis bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Inilah tips sukses usaha konter pulsa rumahan untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Check this out!

1. Siapkan Modal yang Cukup

Persiapan Modal yang Cukup untuk usaha konter

Hal pertama dan yang paling utama adalah modal. Kenapa? Sebab bisnis pulsa yang menguntungkan harus Anda lakukan dengan bekal pulsa milik sendiri. Sebenarnya, saat ini banyak penyedia aplikasi reseller pulsa. Namun keuntungannya sedikit.

Sehingga, Anda wajib punya modal untuk membeli perlengkapan jual beli pulsa. Nah apa saja sih perlengkapan konter pulsa yang butuh modal?
  • Pulsa (untuk yang dijual dan untuk keperluan)
  • Handphone (jika belum punya)
  • Paket data untuk promosi dan pelayanan
Tiga hal di atas wajib Anda siapkan untuk skala kecil dan rumahan. Jangan sampai, saat Anda melayani pembelian pulsa, Anda merasa kesulitan karena tidak memiliki perlengkapan di atas.

Jika Anda ingin usaha konter pulsa, kartu perdana dan kuota, maka perlengkapannya harus lebih lengkap, antara lain:
  • Toko pulsa kecil-kecilan
  • Etalase kecil-kecilan
  • Pilihan kartu SIM berbagai provider
  • Perlatahan bongkar pasang SIM Card
  • Tempat aksesoris hp
  • Banner toko yang estetik
Semua hal di atas perlu ada agar bisnis konter pulsa rumahan Anda benar-benar sukses. Semakin lengkap perlengkapan yang Anda miliki, semakin besar potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

2. Tentukan Brand dan Harga Pulsa

Tentukan Brand nama konter dan Harga Pulsa

Meskipun hanya berskala rumahan, sebuah usaha harus tetap memiliki nama atau brand. Anda tentu sering melihat brand dengan akhirnya “Cell” atau “Cellular”. Nama tersebut identik dengan brand jual beli pulsa, kuota, aksesoris dan hp.

Anda tidak perlu ambil pusing, gunakan saja nama Anda. Jika tidak, pakai nama hal yang Anda sukai. Masalah nama tidak terlalu urgen untuk bisnis pulsa. Jauh lebih penting bagi Anda untuk memikirkan harga pulsa yang nantinya akan dijual.

Salah satu tips sukses usaha konter pulsa rumahan yang tidak kalah penting adalah penentuan harga pulsa yang benar. Berapa harga topup pulsa, ambil untung berapa, dan berapa harga untuk reseller. Agar mudah menentukan harga, lakukan hal-hal berikut:
  • Jadikan harga beli modal sebagai patokan
  • Perhatikan kompetitor di sekitar
  • Jangan patok keuntungan terlalu besar
  • Pastikan minimal memiliki harga sama dengan kompetitor (kalau bisa lebih murah)
  • Berikan layanan yang cepat dan ramah
Memulai bisnis konter pulsa untuk pemula memang tidak gampang. Untung di awalnya pun juga tidak akan besar. Keuntungan bisa mengalir banyak jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap. Maka dari itu, berikan harga yang lebih terjangkau ketimbang kompetitor.

3. Buat Aturan Jual-Beli Pulsa

Buat Aturan Jual-Beli Pulsa totak hutang dan bon

Ingat, meskipun Anda hanya berjualan pulsa, aturan jual-beli tetap harus Anda buat. Sebab, hal tersebut akan mengantar Anda untuk mengatur progres bisnis. Beberapa contoh aturan yang bisa Anda buat antara lain:
  • Dilarang bon (hutang pulsa dulu)
  • Jika pembelian online, maka harus transfer dulu
  • Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan
  • Pulsa yang tidak terkirim akan diganti konter (dengan syarat setor bukti tidak terkirim)
Masih banyak aturan yang bisa dicoba di konter yang Anda bangun. Jarang sekali orang yang memberikan tips sukses usaha konter pulsa rumahan di desa ini. Banyak konter yang akhirnya bangkrut karena tidak memiliki aturan yang tegas.

Terlebih saat Anda melakukan jual-beli pulsa di sekitar rumah. Pasti akan ada saudara, tetangga, ataupun teman yang ingin bon. Akhirnya Anda tidak enakan dan mengizinkan. Hindari hal tersebut, terlebih saat Anda masih di permulaan memulai usaha.

4. Pilih Lokasi yang Tepat dan Strategis

Pilih Lokasi konter yang Tepat dan Strategis

Meskipun di awal Anda hanya buka usaha konter pulsa rumahan, mungkin suatu saat Anda bisa buka yang lebih besar. Sebelum melakukannya, jangan gegabah!

Bisnis pulsa dan kuota hingga saat ini bukan salah satu bisnis yang langka. Kompetitornya banyak dan semua memiliki pelanggan masing-masing. Maka dari itu, saat Anda ingin buka usaha konter pulsa yang lebih besar, lihat lokasinya!

Gimana cara menentukan lokasi konter pulsa yang baik dan benar?
  • Cari tempat yang ramai dan bermobilitas tinggi (perumahan, sekolah, di pinggir jalan)
  • Pastikan ada banyak target pembeli di lokasi tersebut
  • Dapatkan lokasi yang muat untuk parkir depan (jangan terlalu sempit)
Tempat yang strategis adalah salah satu aspek keunggulan tersendiri. Sebab terkadang, seseorang beli pulsa bukan karena kenal penjual, tapi karena butuh cepat. Sehingga, potensi pembelian pulsa di konter Anda semakin besar jika posisinya strategis.

5. Jual Usaha Sampingan Konter

Jual Usaha Sampingan Konter Aksesoris hp

Jika Anda sudah memiliki bangunan konter sendiri, saatnya untuk menambah peluang lain. Buka usaha sampingan di dalam konter yang masih memiliki hubungan dengan pulsa dan kuota. Apa saja contoh usaha sampingan konter?
  • Jual beli aksesoris hp
  • Jasa perbaikan hp yang rusak (instalasi software hp)
  • Jual aksesoris hp murah meriah
  • Pemesanan tiket kendaraan umum (kereta api, pesawat, travel, dan bus)
  • Jasa booking hotel dan tiket wisata
  • Pengiriman uang virtual
  • Jual voucher game, internet telkom, hingga listrik
  • Usaha print dan fotocopy, dan
  • Masih banyak lagi yang bisa dicoba
Intinya, usaha konter pulsa tidak cukup hanya jualan pulsa saja. Anda perlu memvariasikan sehingga keuntungan Anda bisa lebih besar. Namun, semua usaha sampingan tersebut harus dicapai pelan-pelan dengan menerapkan strategi usaha bisnis konter pulsa yang tepat.

Tips sukses usaha konter pulsa rumahan yang satu ini memang tidak gampang dilakukan. Sebab butuh modal, perencanaan, dan analisis pasar di sekitar. Jangan biasakan gegabah dalam meluaskan pangsa pasar bisnis. Berpikirlah dahulu sebelum melangkah!

6. Berikan Pelayanan yang Maksimal

Berikan Pelayanan yang Maksimal di berbagai hal

Jika sudah berhasil membuat usaha sampingan konter pulsa, jangan terlalu santai di zona nyaman. Tingkatkan pelayanan di berbagai hal. Mulai dari keramahan, promo menarik, dan hal-hal lain yang bisa bikin konter Anda  ramai.

Jika dirasa sudah besar, bisa coba untuk mencari pekerja untuk membantu. Sehingga, Anda bisa fokus untuk mengembangkan usaha lain. Pekerja Anda tentu perlu diupgrade agar bisa melayani pelanggan dengan baik dan sopan.

Penting bagi Anda untuk terus meningkatkan pelayanan. Bagaimana caranya? Coba lakukan beberapa hal berikut!

Cobalah buat desain konter pulsa menarik pelanggan dengan ukuran besar
  • Jika sudah ada modal, beli mesin kasir agar terlihat lebih profesional
  • Perbanyak etalase atau lemari kaca untuk kartu
  • Tambah koleksi aksesoris untuk hp-hp modern
  • Buat promo besar-besaran dengan kalkulasi dan strategi yang tepat
  • Tawarkan hal yang lebih baru daripada kompetitor Anda
Beberapa tips di atas bisa Anda coba. Namun lakukan dengan terstruktur dengan melihat situasi dan kondisi yang ada. Tetap jangan sembarangan mengambil langkah. Perhatikan kompetitor dan jangan mau kalah dengan inovasi yang mereka lakukan.

Selain itu, dalam hal marketing Anda tidak perlu ragu untuk menerapkan rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Strategi ini cukup baik bisa dirasa kompetitor Anda begitu melakukan banyak hal untuk konter pulsa mereka.

7. Buka Agen Konter

Tawarkan pelanggan untuk menjadi agen konter pulsa

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, “Jangan pernah berada di zona nyaman!

Saat sudah berhasil dengan usaha konter pulsa rumahan sendiri, jangan Anda stag disitu. Buka agen pulsa lain dengan brand yang Anda miliki. Dengan begitu, brand yang Anda miliki semua luas dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Jika Anda seseorang (entah tetangga, teman, ataupun keluarga) yang ingin membuka usaha konter pulsa, tawarkan menjadi cabang dari konter Anda. Semakin banyak agen pulsa Anda, semakin baik pula untuk perkembangan bisnis konter Anda.

Tips sukses usaha konter pulsa rumahan yang satu ini bisa dibilang sudah tingkat lanjut. Hanya boleh dilakukan jika Anda memang sudah memiliki konter yang lumayan untuk meluaskan jangkauan pasar.

8. Terapkan Digital Marketing

Promosi secara online agar konter mudah di cari

Saat ini, banyak sekali usaha yang terjun ke dunia digital (online). Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan. Minimal, ketika seseorang mencari kata kunci konter pulsa, maka pastikan konter Anda tampil (entah itu berupa website ataupun google maps).

Hal tersebut kemungkinan terjadi pada seseorang yang baru singgah di daerah sekitar Anda. Sehingga mereka masih mengandalkan internet untuk mencari tahu lokasi-lokasi. Maka dari itu, menerapkan digital marketing kecil-kecilan penting dilakukan.

Apa saja yang bisa dilakukan agar konter Anda hadir secara online? Coba cara berikut!
  • Daftarkan konter pulsa Anda ke Google Business
  • Buat beberapa halaman profil bisnis di platform-platform gratisan
  • Cobalah buat blog gratisan, kenalkan pada internet usaha konter Anda
  • Sesekali pelajari content marketing, SEM, atau sejenisnya
  • Buat konter Anda mudah dijangkau oleh orang dari internet (navigasi yang jelas)
Saat ini, sudah banyak banget bisnis konter yang ada di Google Maps. Anda tidak boleh kalah. Jika perlu, Anda bisa bikin website untuk target sekitar wilayah Anda. Tips ini kemungkinan akan sangat membantu jika Anda lakukan dengan benar.

9. Buat Aplikasi Konter Sendiri

Tips sukses usaha konter pulsa rumahan yang selanjutnya adalah buat aplikasi konter pulsa sendiri. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menawarkan pembelian pulsa secara cepat hanya berbekal smartphone saja.

Sehingga, konter pulsa Anda tidak hanya ramai di tempat, tapi juga ramai di online. Hal ini termasuk strategi usaha konter pulsa yang boleh jadi efektif. Terlebih untuk menarget generasi milenial yang maunya apapun via rumah.

Namun ingat, tips ini hanya bisa dan mungkin dilakukan jika konter sudah besar. Sebab, konter kecil tidak akan dikenali secara luas. Sehingga seseorang tidak akan instal aplikasi konter pulsa yang Anda buat.

Selain itu, pembuatan aplikasi seperti ini juga perlu modal. Dengan adanya aplikasi ini, konter Anda bisa buka selama 24 jam.

10. Harus Mudah Adaptasi

Tips yang terakhir dan wajib Anda lakukan adalah mudah adaptasi. Pulsa, kuota, dan layanan digital lain adalah sebuah barang maya. Sehingga, akan sangat cepat berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada.

Jika usaha konter pulsa dan kuota Anda tidak fleksibel, maka dijamin akan segera bangkrut. Kita lihat saja, saat ini sudah banyak konter yang akhirnya tutup sebab tidak ada yang beli. Selain juga, juga banyak konter yang ganti jadi toko baju, kelontong, dan sejenisnya.

Jika dikira sudah tidak memberikan keuntungan yang pasti, segera putar otak untuk berinovasi. Analisa keadaan konter kompetitor, sekali lagi jangan ragu untuk menerapkan strategi ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Kesalahan Usaha Konter Pulsa Rumahan

Kesalahan Usaha Konter Pulsa Rumahan untuk pemula

Setelah mengetahui tips sukses usaha konter pulsa rumahan, kini saatnya bagi Anda tahu apa saja kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan saat buka bisnis ini. Sebab, banyak dari mereka yang melakukan kesalahan ini akhirnya bangkrut.

Nah, apa saja sih kesalahan usaha konter pulsa rumahan yang tidak boleh Anda lakukan? Simak penjelasan berikut ini!

1. Menerima Bon atau Hutang

Kesalahan pertama saat Anda buka bisnis konter pulsa adalah menerima hutang. Kenapa ini jadi kesalahan besar?

Logikanya, pulsa itu hampir sama dengan uang. Keuntungan dari penjualan pulsa itu tidak besar. Jika Anda menerima bon, maka kemungkinan besar modal Anda tidak kembali. Saat hal itu terjadi pilihannya ada dua:
  1. Rugi dengan mengeluarkan modal pribadi lagi (lepas dari modal utama)
  2. Rugi hanya bisa stok pulsa dengan uang seadanya
Keduanya sama-sama rugi. Sehingga, jangan pernah menerima bon. Ada uang ada pulsa. Tidak ada uang, ya tidak ada pulsa. Daripada Anda bangkrut, lebih baik teguh prinsip seperti itu. Sehingga, usaha pulsa Anda bisa benar-benar aman dari segi permodalan.

2. Tidak Ada Pencatatan Keuangan

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, keuntungan dari jual beli pulsa itu tidak besar. Sehingga masalah keuangan sangat sensitif. Jika tidak dicatat dan dikalkulasikan dengan benar, maka hasilnya adalah kerugian.

Sehingga, Anda tidak boleh serta merta mengambil uang hasil penjualan pulsa sembarangan. Sebab, kemungkinan besar uang tersebut dibutuhkan untuk pembelian stok pulsa kedepan. Modal usaha konter pulsa harus stabil dan ditingkatkan.

Jangan dibiarkan keleleran dan akhirnya dibelikan untuk hal lain. Sebab, dampaknya akan sangat signifikan terhadap perkembangan usaha jual beli pulsa Anda. Bagaimana mencatat keuangan yang mudah?

Gunakan aplikasi pencatat keuangan portable di hp (download aja gratis kok)

Backup catatan harian dan bulanan pada Excel ataupun Spreadsheet

Sisihkan sebagian dari keuntungan untuk tambah modal

3. Salah Pilih Distributor atau Server Pulsa

Kesalahan terakhir adalah memilih distributor pulsa yang salah. Saat ini banyak sekali distributor pulsa. Pastikan pilih yang terpercaya dan berkualitas. Jangan percaya pada distributor pulsa yang terlalu murah tapi tidak memuaskan.

Sebab, banyak distributor pulsa yang memiliki server lemot. Sehingga, pengiriman pulsa begitu lama dan hal tersebut kemungkinan besar bisa merugikan usaha Anda. Pelanggan Anda pasti akan kecewa jika saat beli pulsa masuknya lama banget.

Penutup

Membangun usaha konter pulsa rumahan itu memang tidak mudah, terlebih jika lokasi Anda di desa. Maka dari itu, perlu banyak alternatif strategi bisnis konter pulsa sehingga usaha Anda bisa tetap survive di tengah situasi serba digital saat ini.

Demikian sedikit penjelasan tentang tips sukses usaha konter pulsa rumahan yang bisa Anda lakukan. Tetap kuatkan hati dan semangat untuk konsisten berinovasi agar bisnis konter yang Anda bangun bisa lebih besar dan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Usaha Konter Pulsa Rumahan Di Desa"