custom style

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Konter Pulsa Bagi Pemula

5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Konter Pulsa Bagi Pemula


Bagaimana cara mengatur keuangan usaha konter pulsa? Mungkin pertanyaan tersebut seringkali muncul bagi para pemula bisnis konter pulsa. Karena terkadang banyak juga konter pulsa yang kesulitan untuk mengatur keuangan bisnisnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan karena produk pulsa yang margin keuntungannya tidak genap. Sehingga membuat penjual menjadi sedikit kebingungan dalam mengatur laba maupun modal yang harus dibelikan kembali.

Walaupun sebenarnya usaha konter pulsa merupakan sebuah bisnis yang cukup menjanjikan karena hampir setiap orang pasti membutuhkan pulsa. Baik untuk menelepon orang lain maupun untuk dibelikan menjadi kuota yang merupakan makanan sehari-hari.

Cara Mengatur Keuangan Usaha Konter Pulsa


Beberapa tips cara mengatur keuangan usaha konter pulsa berikut diharapkan dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin atau baru memulai bisnis konter pulsa. Agar nantinya bisa mencapai kesuksesan dan bertahan hingga waktu yang lama, simak berikut tipsnya.

1. Jangan Mencari Karyawan Terlebih Dahulu
Tips atau cara pertama sebaiknya anda tidak menggunakan karyawan atau jasa pembantu terlebih dahulu. Karena pastinya harus ada gaji yang dikeluarkan untuk membayar jasa karyawan tersebut.

Apalagi jika anda belum mempunyai keuntungan yang teratur setiap bulannya mungkin nanti anda malah akan mengeluarkan budget lain untuk membayar gaji. Maka dari itu sebaiknya pada masa-masa awal anda melakukan pekerjaan menjaga konter seorang diri.

2. Terima Transaksi Tunai
Walaupun mungkin terkadang anda merasa tidak enak jika ada orang yang ingin membeli pulsa tapi belum mempunyai uang. Namun sebenarnya hal tersebut harus dikurangi karena sudah banyak contoh konter pulsa yang bangkrut karena banyaknya tunggakan konsumen.

Apalagi laba dari penjualan pulsa juga tidak terlalu banyak sehingga nantinya jika ada yang menunggak akan langsung terasa pada siklus modal. Maka dari itu anda harus pintar dan tegas dalam melakukan usaha konter pulsa.

3. Memisahkan Uang Pribadi Dengan Uang Bisnis
Selanjutnya juga merupakan hal yang seringkali diremehkan oleh para pemilik bisnis yaitu memisahkan uang pribadi dengan uang modal konter. Padahal sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang sangat penting.

Karena jika digabung maka kemungkinan anda akan lebih mudah untuk mengambil uang dari modal bisnis. Kemudian nantinya akan berdampak pada tidak adanya kejelasan arus kas yang teratur serta tertulis setiap bulan.

4. Mengatur Modal Menjadi 2 Kloter
Sebenarnya untuk memulai bisnis pulsa sendiri tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Namun memang di dalam melakukan bisnis pastinya membutuhkan strategi agar usaha tetap berjalan dengan lancar.

Salah satu caranya dengan membuat buah kloter modal pada bisnis konter pulsa, misalnya pada kuarter pertama anda membeli saldo awal. Kemudian jika saldo sudah habis maka anda sudah mempunyai pegangan modal untuk kloter ke-2 pembelian saldo selanjutnya.

Untuk saldo pertama anda sudah bisa menghitung berapa penghasilan dan keuntungan, kemudian anda juga sudah bisa menambahkan berapa keuntungan yang akan didapatkan dari buah modal kloter tersebut. Sampai akhirnya nya di dalam 1 bulan tersebut ada berapa kali modal yang dikeluarkan dan keuntungan yang didapatkan direkap di dalam buku kas.

Sehingga dalam mengatur modal sampai pendapatan semuanya akan tertata dengan baik. Jangan sampai anda mengambil uang modal pulsa dan membuat siklus brother modal anda menjadi berantakan.

5. Melakukan Pembukuan
Pembukuan juga merupakan hal yang sangat penting bukan hanya buku kas saja tapi juga buku barang, catatan stok dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar anda bisa selalu memantau barang apa saja yang belum terjual modal berapa yang masih mengendap.

Serta rekapan keuntungan setiap bulan juga penting karena dengan mengetahui rekapan keuntungan anda bisa mengukur modal dan bisnis pulsa.

Untuk keuntungan tersebut bisa anda putarkan kembali menjadi modal untuk menambah modal di sebelumnya menjadi lebih besar.

Cara mengatur keuangan usaha konter pulsa di atas memang merupakan hal yang umum dan menjadi dasar bagi setiap pengaturan keuangan dalam bisnis. Salah satu yang terpenting adalah mengatur arus kas atau membuat pembukuan.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatur Keuangan Usaha Konter Pulsa Bagi Pemula"