custom style

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Token Listrik Gagal Terus Tidak Bisa Masuk

Solusi Token Listrik Gagal Terus Tidak Bisa Masuk

Token listrik terdiri dari 20 angka dan harus dimasukan ke kWh meter supaya listrik bisa digunakan. Beberapa pelanggan sering mengeluh gangguan pada token listrik. Sehingga, PLN memberikan solusi token listrik gagal terus tidak bisa masuk, meskipun nomor sudah benar.

Hal ini membuat khawatir karena sewaktu-waktu listrik bisa mati. Ada juga token yang dibeli dan tidak bisa digunakan karena gagal input. Terkadang, pelanggan membeli ulang token baru supaya token listrik bisa diinput. Adanya masalah ini, PLN harus menyelidiki lebih lanjut.

Jika terjadi masalah seperti ini, pihak PLN di unit wilayah terkait juga harus melakukan penyelidikan. Selain itu, pelanggan juga menghubungi layanan PLN melalui contact center 123 atau aplikasi PLN mobile.

Penyebab Token Listrik Gagal Diinput 

Token bisa didapatkan ketika anda melakukan pembelian di e-commerce, loket PLN atau ditempat yang menyediakan layanan pembelian pulsa PLN. Karena lebih mudah nyaman, Sebagian orang lebih memilih menggunakan token. Terkadang juga ada kendala input, seperti:

  1. Kesalahan dalam menginput digit nomor token meter
  2. Kesalahan teknis instalasi, ditandai dengan muncul tulisan “periksa” pada layar kWh meter
  3. Adanya pembaharuan/update sistem meter prabayar
  4. Adanya permohonan seperti perubahan daya yang belum terselesaikan, sehingga harus diselesaikan terlebih dahulu

Jika salah satu kendala diatas terjadi pada anda, maka anda harus membuat pengaduan melalui PLN mobile/ contact center 123/ kepada pihak layanan PLN terdekat. Sehingga solusi token listrik gagal terus tidak bisa masuk dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat oleh PLN.

Solusi Token Listik Gagal Di Input

Jika anda tetap gagal untuk menginput token listrik anda, maka anda harus tetap tenang supaya anda tetap bisa berfikir jernih. Berikut beberapa solusi token listrik gagal terus tidak bisa masuk, meskipun nomor token sudah benar:

  1. Pastikan digit nomor token yang anda masukan ke meteran sudah benar dan sesuai dengan yang anda beli. Jika tetap salah, jangan input lebih dari dua kali, karena bisa menyebabkan meteran terblokir atau mati.
  2. jika dua kali tetap gagal maka anda harus segera menghubungi pihak PLN melalui contact center PLN 123 atau PLN mobile supaya dapat segera ditangani oleh pihak berwenang (PLN).

Jika terjadi masalah kWh meter, maka pihak petugas PLN akan segera mengecek kWh meter prabayar anda. Apabila gangguannya berupa kode key change token (KCT) atau pembaharuan sistem meter prabayar, maka PLN bisa menghubungi anda melalui WhatsApp.

Kemudian anda akan diminta untuk menyetel ulang (restart) meteran listrik dan memasukan nomor KCT sesuai dengan arahan dari petugas PLN. Ada beberapa tips untuk menghindari masalah ketika beli atau input token listrik, berikut tipsnya:

  1. Belilah token listrik di merchant terpercaya seperti e-wallet yang terdaftar di OJK, e-commerce, SDPMobile, ataupun melalui bank (ATM/m-banking). Karena ada bukti pembayarannya yang bisa dibuktikan dengan jelas jika terjadi masalah.
  2. Beli dan isi token listrik anda sebelum pukul 23.00 atau sesudah pukul 01.00, utuk menghindari kesalahan jika terjadi error dalam pembelian token.

Kesimpulan

Token listrik dipilih masyarakat karena mudah dan nyaman untuk digunakan. Meskipun demikian, ada beberapa masalah jika terjadi gagal input. Sehingga, solusi token listrik gagal terus tidak bisa masuk dapat segera diatasi dengan mengikuti langkah diatas. Jangan lupa untuk segera menghubungi pihak PLN sebagai pihak yang berwenang untuk mengatasi masalah listrik.


Posting Komentar untuk "Solusi Token Listrik Gagal Terus Tidak Bisa Masuk"