custom style

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Token Listrik Untuk Kebutuhan Rumah

Cara Menggunakan Token Listrik

Sekarang ini kamu bisa membeli token listrik untuk diisikan ke meteran yang kamu miliki. Lalu bagaimana cara menggunakan token listrik yang sudah dibeli.

Kebanyakan pelanggan yang menggunakan token listrik dengan pulsa. Kebingungan dengan bagaimana cara untuk mengisinya. Maka simak informasi berikut ini, siapa tahu kamu memang membutuhkan untuk caranya.

Cara Pembelian, Pengisian Token Baik Manual Atau Otomatis

Berikut ini beberapa cara menggunakan token listrik yang bisa kamu coba lakukan.

1. Cara Membeli Token Listrik

Kamu bisa melakukan pembelian token listrik dibanyak tempat. Tidak hanya bisa melakukan pembelian di minimarket terdekat. Bisa juga di Bank, ATM atau m-Banking. Bahkan sekarang bermunculan juga aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian token listrik.

2. Cara Mengisi Token Listrik Pulsa Ke Meteran

Pertama kamu perlu cara membeli token listrik terlebih dahulu. Karena ini adalah meteran yang memerlukan pulsa, maka kamu perlu membelinya terlebih dahulu. Kamu bisa membeli di agen yang menjual pulsa listrik, minimarket atau beberapa aplikasi pembayaran online.

Jika sudah maka kamu bisa langsung mencatat kode listrik yang kamu dapatkan dari membelinya. Token listrik pasti memiliki 20 digit angka. Tidak lebih dan juga tidak kurang.

Jika sudah maka cara masukkan kode token listrik, bisa coba masukkan 20 digit token listrik langsung ke meterannya. Tekan hapus atau tombol berwarna kuning apabila terjadi kesalahan dalam penginputan nomor token.

Jika sudah maka langsung bisa tekan enter atau tombol yang berwarna hijau. Setelahnya tunggu hingga notifikasi terdapat tulisan Benar atau Accept. 

Apabila muncul Salah, maka kamu tidak perlu khawatir. Cukup ulangi nomor 20 digit yang tadi kamu beli. Mungkin saat awal kamu menekan nomor yang salah.

3. Cara Mengisi Token Tanpa Melakukan Input Manual 

PT PLN (Persero) terus melakukan pengembangan serta inovasi dalam upaya pelayanan. Seperti kemudahan untuk cara menggunakan token listrik tanpa perlu melakukan penginputan secara manual.

Hanya saja, kemudahan ini masih diperuntukkan untuk daya di atas 2.200 VA. Penggunaan meteran listrik dengan komunikasi dua arah ini, merupakan inovasi terbaru. 

Dengan cara mengisi token listrik tanpa input tentu akan memudahkan pelanggan. Jadi nantinya pelanggan akan mendapatkan sebuah notifikasi berupa pesan singkat secara langsung bahwa kWh meter prabayar harus segera diisi.

Nanti ketika pelanggan melakukan pembelian token baik via Bank, ATM mauapun loket pengisian lainnya. Maka pulsa token akan secara otomatis di top up oleh sistem. Sehingga kamu bisa melakukan pengisian melalui jarak jauh.

Nantinya cara menggunakan token listrik ini hanya ada di meteran terbaru yang dilengkapi dengan semacam modem transmitter.

4. Aplikasi Untuk Mengontrol Dan Melakukan Penginputan Otomatis

Ada sebuah aplikasi Tricminder yang bertujuan untuk memberikan notifikasi, besaran penggunaan listrik. Dalam aplikasi input token listrik ini memiliki fitur untuk login pengguna dengan memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran.

Selain sebagai pengingat aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan top up apabila sisa token listrik hampir habis. Tak hanya itu saja, tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pengguna tanpa perlu repot melakukan input token secara manual.

Munculnya aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengingat serta mengontrol penggunaan listrik yang telah terpakai. Sehingga kamu akan dengan mudah mengetahui besaran penggunaan listrik yang telah kamu pakai baik secara mingguan atau bulanan.

Itulah tadi bagaimana cara menggunakan token listrik. Baik melakukan pengisian secara manual ataupun tanpa melakukan input sendiri. 


Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Token Listrik Untuk Kebutuhan Rumah"