custom style

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Amankan Akun Whatsapp Agar Terhindar dari Pembajakan

Akun Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang perlu dijaga keprivasiannya. Hal ini karena pada akun ini Anda melakukan obrolan baik yang bersifat pribadi (perseorangan) hingga obrolan grup. Begini cara amankan akun Whatsapp Anda agar tidak dibobol orang.

Akun Whatsapp juga perlu diamankan dari kejahatan cyber seperti penipuan, dihacker, sampai pesan yang mengandung malware dapat dikirim melalui orang yang tidak dikenal. Oleh sebab itu, ada cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat akun WA aman.

Cara Amakan Akun Whatsapp

Akun WA bisa diamankan dari serangan hacker dengan cara mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, lakukan update pengaturan privasi, mengontrol grup, mengunci akun, sampai update WA secara berkala. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian dari SDP Mobile.

1. Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah adalah melapisi keamanan untuk akun WA Anda. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko dibajak karena saat ini juga marak pembajakan melalui kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Berikut cara amankan akun Whatsapp menggunakan fitur verifikasi dua langkah:

  1. Buka aplikasi Whatsapp, kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Pilih menu pengaturan/Settings.
  3. Masuk ke pengaturan Account/akun.
  4. Selanjutnya pilih Two Step Verification.
  5. WA akan melanjutkannya dan meminta untuk mengaktifkan menggunakan PIN.
  6. Klik Enable untuk melanjutkan.
  7. Buat PIN dengan memasukkan angka sampai 6 digit sesuai yang Anda inginkan. Namun, disarankan untuk tidak menggunakan tanggal lahir atau alamt rumah karena terlalu mudah dibobol.
  8. Selanjutnya, masukkan alamat email yang terhububung dengan WA.
  9. Selesai

2. Update Pengaturan Privasi

Untuk lebih menjaga privasi Anda hilangkan tanda Terakhir Dilihat atau Last Seen atau status aktif Anda. Untuk mengaturnya, klik menu Settings > Account > Privacy > Last Seen > nobody.

Bisa juga dengan menyembunyikan profile dengan cara pilih Profile di menu Privacy, lalu klik nobody.

3. Mengelola Privasi Grup

Jika tidak menggunakan fitur ini, Anda tidak bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengundang Anda ke grup. Jadi, bisa saja ada orang yang mengundang Anda ke grup yang tidak Anda diinginkan dan itu tentu saja akan mengganggu.

Oleh sebab itu, cara melindungi Whatsapp dari orang yang tidak dikenal yang mengundang ke grup, adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih Account, selanjutnya klik Privacy.
  3. Klik menu Groups.

Di dalam menu tersebut akan ada tiga pilihan opsi, yaitu Everyone, My contacts, dan My contacts except. Berikut adalah artinya:

  1. Everyone: jika Anda ingin siapa saja bisa mengundang Anda ke grup.
  2. My contacts: jika ingin hanya teman kontak WA Anda yang bisa mengundang masuk grup.
  3. My contacts except: jika ingin memblokir akun atau nomor WA di kontak yang tidak diinginkan untuk mengundang ke grup.

4. Kunci Akun Whatsapp

Jika tidak ingin dibuka oleh orang lain, Anda dapat melakukan cara mengunci aplikasi Whatsapp melalui WA sendiri jika menggunakan Hp tertentu seperti Samsung dan ada juga yang menggunakan aplikasi tambahan seperti App Lock.

5. Update WA

Cara mengamankan akun Whatsapp terakhir, yaitu untuk menghindari gangguan dari sistem, maka Anda harus rajin-rajin melakukan update sehingga dapat menikmati fitur baru yang diberikan WA.

Itulah cara amankan akun Whatsapp untuk menjaga privasi dan risiko peretasan dari orang lain. Dengan mengatur keamanan, Anda dapat dengan nyaman menggunakan akun WA tanpa terganggu oleh nomor spam hingga aktivitas mencurigakan dari akun Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Amankan Akun Whatsapp Agar Terhindar dari Pembajakan"