custom style

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Lokasi Usaha Konter Pulsa HP Terdekat

Memilih Lokasi Usaha Konter Pulsa HP Terdekat

Usaha konter pulsa HP sepertinya bisa jadi lahan yang menjanjikan, terutama di lokasi yang jauh dari pusat kota. Pilihan lokasi jadi faktor penentu dalam kesuksesan usaha ini. Maka dari itu, mengetahui tips memilih lokasi usaha konter pulsa hp terdekat adalah hal yang penting. 

Untuk mengetahui bagaimana mendapatkan lokasi yang paling sesuai untuk usaha konter pulsa HP, simak tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat berikut ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konter Pulsa HP

Sebelum memulai menjalankan usaha konter pulsa dan mengikuti tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang keuntungan dan kerugian cara jualan pulsa dan kuota.

Dengan mengetahui untung dan ruginya, setidaknya bisa melakukan atisipasi dan membuat perencanaan yang lebih matang agar bisnis bisa berjalan dengan lebih lancar. 

Kelebihan Usaha Konter Pulsa HP

Kelebihan Usaha Konter Pulsa HP

1. Modal Relatif Kecil

Untuk usaha pulsa sendiri relatif murah, yang dibutuhkan hanya deposit untuk pengisian pulsa dan HP untuk alat pengisian pulsa. Usaha konter pulsa ini biasanya juga menjual aksesoris dan pernak-pernik HP lainnya.

Dengan tambahan dagangan lain, juga akan membutuhkan modal tambahan tergantung dengan pernak-pernik HP apa yang akan dijual bersama pulsa. 

2. Tidak Membutuhkan Etalase Khusus

Konter pulsa tidak membutuhkan etalase khusus atau display dagangan yang spesifik. Etalase sederhana tidak jadi soal. Faktor terpenting di sini adalah pemilihan lokasi yang tepat dimana memungkinkan untuk mempermudah mendapatkan customer. 

3. Resiko Lebih Kecil

Bisnis pulsa HP tidak akan mengalami resiko kadaluarsa seperti penjualan kartu perdana. Sisa saldo yang tersisa masih tetap bisa digunakan untuk selanjutnya Sistem pengisian saldo ini juga memiliki resiko kecil, karena saldo bisa diisi disesuaikan dengan ramai atau tidaknya penjualan.

4. Pasar yang Tak Pernah Mati

Meningkatnya kebutuhan komunikasi dengan menggunakan HP, membuat dagangan pulsa tidak ada matinya. Kapanpun akan selalu orang yang membutuhkan pulsa dan membelinya secara manual di konter pulsa terdekat.
Pembelian pulsa di konter terutama cukup banyak dilakukan di daerah.

Kekurangan Usaha Pulsa HP

Kekurangan Usaha Pulsa HP

1. Gangguan dari Operator

Gangguan operator bisa jadi salah satu kendala dalam menjalankan bisnis jualan pulsa HP ini. Gangguan semacam ini tidak terlalu sering terjadi, tetapi selalu ada kemungkinan ada gangguan dimana tidak bisa melakukan transaksi.

Gangguan semacam ini akan merugikan bisnis, apalagi pada saat ramai pembelian.

2. Proses Pengisian Pulsa yang Lambat

Proses pengisian pulsa yang lambat dapat menghambat jalannya bisnis. Jika masalah ini sering terjadi, pembeli akan jera dan enggan datang kembali. Kebanyakan pembeli tidak sabar menunggu karena memang pulsa dibutuhkan untuk melakukan komunikasi sehari-hari.

3. Permintaan Pembelian dengan Bayar Diakhir

Kasus semacam ini kemungkinan akan banyak terjadi jika buka konter pulsa HP di daerah. Banyak orang yang akan mengajukan permintaan pembelian pulsa dengan pembayaran di akhir bulan.

Jika bisnis dijalankan dengan cara ini, perkembangan untuk mendapat keuntungan bisa berjalan lebih lambat.

4. Keuntungan Tidak Terlalu Besar

Bisnis konter pulsa tidak bisa mendapatkan keuntungan yang besar seperti berdagang. Dengan modal yang kecil, tentu keuntungan yang didapat juga cukup kecil. Jika mengharapkan mendapat untung besar, usaha ini bukanlah pilihan yang tepat.

Oleh karena itu, selain pulsa juga harus melayani berbagai tagihan PPOB, seperti bayar listrik, PDAM dan berbagai layanan jasa lainnya. 

Persiapan Usaha Konter Pulsa

Persiapan Usaha Konter Pulsa HP

Sebelum mencermati tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat sebaiknya ketahui juga apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin mengawali bisnis penjualan pulsa HP di konter. Persiapan juga bisa dipertimbangkan sebagai cara memulai usaha jualan pulsa.

1. Lokasi Konter

Lokasi tempat konter didirikan juga memiliki pengaruh pada kelancaran usaha. Jika memiliki modal lebih akan lebih baik mencari lokasi yang paling cocok untuk membuka konter. Pastikan mendapatkan lokasi yang paling cocok untuk membuka bisnis.

Menemukan lokasi yang cocok untuk bisnis jenis ini juga gampang-gampang susah, Untuk itu sebaiknya ikuti tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat yang dapat mengarahkan pemilihan lokasi yang paling sesuai.

2. Mempersiapkan Perlengkapan

Mempersiapkan perlengkapan untuk mengisi konter juga perlu dilakukan jauh hari sebelum konter buka. Ini bisa jadi cara menjual pulsa HP bagi pemula, karena dapat membuat beban biaya lebih ringan. Pertama persiapkan perlengkapan yang paling diperlukan.

Beberapa perlengkapan yang akan diperlukan seperti:
  • Etalase kaca
  • Handphone untuk memproses transaksi pemesanan pulsa
  • Meja kasir
  • Jika memungkinkan, laptop atau komputer untuk pencatatan pembelian Jika memang tidak memungkinkan bisa menggunakan buku besar biasa.
  • Spanduk jual pulsa unik atau banner yang berisi nama usaha jual pulsa
  • Siapkan beberapa tempat duduk untuk kepentingan tempat duduk pelanggan.

3. Membuat Kerjasama dengan Supplier Pulsa Elektronik

Ada beberapa supplier pulsa elektrik yang bisa dipilih untuk pengisian saldo pulsa yang bisa dijual kembali. Sebaiknya pilih vendor yang terpercaya dan yang tidak sering bermasalah.

Untuk masalah ini sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu agar menemukan yang benar-benar cocok untuk memperlancar usaha.

Tips Memilih Lokasi Usaha Konter Pulsa HP Terdekat

Seperti telah disebutkan sebelumnya, lokasi memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran berbisnis. Begitu pula dengan usaha konter pulsa HP. Untuk menemukan lokasi terdekat yang paling sesuai untuk bisnis ini, sebaiknya ikuti tips di bawah ini.

1. Lokasi Dekat dengan Jalan

Tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat yang pertama adalah menemukan lokasi yang dekat dengan jalan umum. Lokasi pinggir jalan yang ramai lebih memungkinkan untuk mudah ditemukan saat orang membutuhkan pengisian pulsa.

2. Lokasi dengan Penduduk yang Padat

Lokasi dengan penduduk sekitar yang padat lebih menjanjikan untuk membuka konter pulsa. Dengan peran penting pulsa dalam mendukung komunikasi seperti saat ini, orang akan cenderung memilih melakukan pengisian di tempat yang lebih dekat dengan rumah.

3. Lokasi yang Belum Ada Konter Pulsa

Lokasi yang belum ada saingan lain bisa jadi Tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat yang dapat dipertimbangkan saat mencari lokasi bisnis. Seperti yang telah disebutkan di atas, jika di dekat rumah ada pilihan untuk isi pulsa, tidak perlu pergi ke tempat yang lebih jauh.

4. Dekat dengan Pusat Kegiatan Bisnis, Kantor, atau Perdagangan

Lokasi-lokasi ini selalu ramai dikunjungi orang. Lokasi ini jadi tempat yang paling ideal menjalankan usaha konter pulsa. Tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat ini juga harus memperhatikan lokasi konter pulsa terdekat lainnya dengan jenis usaha yang sama. 

5. Dekat Universitas atau SMA/SMP

Anak sekolah dan kuliahan jaman sekarang paling banyak menggunakan pulsa dan kuota internet. Terlepas dari kebutuhan untuk belajar, komunikasi daring lebih banyak digunakan selama masa pandemi dan menjadi kebiasaan dalam keseharian. 

Penutup
Tips memilih lokasi usaha konter pulsa HP terdekat di atas bisa diterapkan bagi Anda yang sedang mencari lokasi untuk memulai usaha konter pulsa. Dengan pertimbangan sebagai faktor penting dalam pengembangan usaha, maka pemilihan lokasi harus benar-benar diperhatikan.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Lokasi Usaha Konter Pulsa HP Terdekat"